Peringati Tragedi Trisakti, Aktivis 98 Ziarah ke Makam Pejuang Reformasi

Jakarta – Sejumlah aktivis 98 melakukan ziarah ke makam pejuang reformasi di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Mereka melakukan doa bersama dan tabur bunga.
Pantauan detikcom, di lokasi, Minggu (12/5/2019), ziarah makam pejuang reformasi ini diikuti oleh Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, Ketua DPP Partai Hanura Benny Ramdhani, politis PDIP Adian Napitupulu, hingga Ketua Senat Mahasiswa 1997-1998 Julianto Hendro.
“Ziarah ini merupakan bukti bahwa kita angkatan 98 mempunyai kewajiban sejarah terhadap kawan-kawan kita yang gugur pada saat kita memperjuangkan reformasi tahun 1998. Keempatnya gugur dalam berjuang untuk membuka karena demokrasi, membuka kebebasan, membuka reformasi total, dan menurunkan rezim Soeharto ketika itu,” kata Julianto saat memberi sambutan di lokasi.
Julianto mengatakan, pihaknya akan mengawal proses Pemilu 2019-2024 dengan menduduki gedung KPU pada tanggal 21 Mei mendatang. Dia percaya KPU dan Bawaslu dan akan menjadi proses demokrasi Pemilu 2019.
“Tanggal 21 Mei kami akan menduduki gedung KPU untuk menjaga hasil pilpres dan pileg 2019-2024. Kami percaya pada KPU, kami percaya pada Bawaslu, kami akan menjaga hasil dari pilpres dan pileg 2019,” ujarnya.
Setelah tabur bunga, ziarah pun selesai pukul 14.30 WIB. Setelah para aktivis, giliran mahasiswa Trisakti juga ikut menggelar doa dan tabur bunga di makam pejuang reformasi.

Leave a Reply

Share via